7 Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan



Buah pala merupakan salah satu rempah yang cukup dikenal memiliki beragam manfaat kesehatan. Manfaat pala biasanya untuk meredakan nyeri, meredakan gangguan pencernaan, menetralisir racun dalam tubuh, menjaga kesehatan kulit, mengurangi insomnia, serta melancarkan peredaran darah.

Dari sejak jaman dahulu, buah pala telah digunakan secara tradisional untuk menyembuhkan beragam penyakit atau untuk sekadar menjaga kesehatan/kebugaran tubuh. Berikut ini adalah beberapa diantara manfaat yang diberikan buah pala.

  • Meredakan Nyeri :
    Salah satu kandungan buah pala serupa merupakan senyawa yang mirip mentol. Seperti diketahui bahwa mentol punya kemampuan untuk meredakan nyeri. Karenanya pala bisa dijadikan bumbu penyedap masakan sekaligus untuk mengurangi rasa sakit akibat luka, cedera, atau peradangan kronis artritis.

  • Memelihara Pencernaan :
    Pala yang digiling menjadi bubuk dan dipertahankan kandungan seratnya dapat menstimulasi proses pencernaan dengan mendorong pergerakan peristaltik pada otot polos usus. Selain itu, pala juga mendorong pengeluaran berbagai cairan lambung dan usus yang berfungsi memperlancar proses pencernaan.

  • Mempertahankan Ketajaman Otak :
    Ini mungkin salah satu manfaat pala yang kurang diketahui. Padahal, pala mengandung beragam komponen minyak esensial, termasuk myristicin dan macelignan. Kedua senyawa ini telah dibuktikan sanggup menekan degradasi jalur saraf dan fungsi kognitif yang umumnya menimpa penderita demensia atau penyakit Alzheimer.

  • Memelihara Kesehatan Mulut :
    Pala boleh dibilang rajanya rempah dalam urusan menjaga kesehatan mulut. Senyawa aktif antibakteri buah pala efektif membasmi halitosis atau bau mulut. Pala membunuh bakteri yang menyebabkan kondisi memalukan tersebut, sekaligus meningkatkan imunitas gusi dan gigi terhadap penyakit. Mungkin ini juga alasannya kenapa banyak produk pasta gigi atau obat kumur organik yang memakai bahan baku pala.

  • Mengatasi Insomnia :
    Dari generasi ke generasi, pala kerap direkomendasikan sebagai obat alami untuk mengatasi susah tidur. Sejumput pala dalam segelas susu hangat tampaknya sanggup membuat Anda tidur lebih nyenyak. Pala mengandung magnesium—mineral penting untuk mengurangi ketegangan saraf, dan merangsang pelepasan serotonin untuk menghasilkan efek rileks.

  • Detoksifikasi Racun :
    Pala bekerja sebagai tonik yang meningkatkan kebugaran tubuh Anda. Lebih spesifiknya, pala sanggup membantu mengeliminasi racun-racun yang banyak berkumpul di liver dan ginjal. Racun-racun tersebut bisa jadi berasal dari alkohol, obat-obatan, polusi, makanan, atau racun alami. Lebih jauh lagi, bahan aktif buah pala sanggup membantu meleburkan batu ginjal sehingga menghasilkan fungsi ginjal dan liver yang lebih baik.

  • Membantu Penyembuhan Leukemia :
    Pala punya kemampuan potensial untuk melawan sel-sel kanker. Sejumlah studi memperlihatkan bahwa ada senyawa metanol tertentu dalam pala dan minyak esensialnya yang dapat menginduksi kematian sel-sel kanker leukemia. Dengan begitu, sel-sel kanker tidak menyebar ke bagian organ lain.

Anda bisa mendapatkan manfaat pala apabila dikonsumsi dengan benar dan secukupnya. Berhati-hatilah agar tidak terlalu banyak menggunakan pala, karena dicurigai malah bisa mengakibatkan masalah serius bagi kesehatan.



Previous


Next Post »
Berlangganan :
Masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari langsung di pesan kotak masuk.
feedburner


Jangan lupa Jempolnya atau dishare ya.

Terima kasih, ditunggu kunjungan balik.
Rekomendasi Untuk Anda × +
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar