9 Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan



Kemungkinan Anda sudah sering makan jambu biji karena buah ini sangat banyak ditemukan di pasar-pasar Indonesia. Jambu biji dilimpahi dengan banyak nutrisi alam yang memberikannya segudang manfaat kesehatan. Artikel ini akan membahas beberapa manfaat jambu biji bagi kesehatan Anda.

Di negara-negara Barat pun jambu biji kian banyak orang yang menikmatinya, terutama karena manfaat kesehatan yang ditawarkannya. Bahkan ada yang menggantikan istilah “satu apel sehari menjauhkan Anda dari dokter” menjadi “beberapa jambu biji dalam semusim menjauhkan dokter selama setahun penuh”. Berikut adalah sejumlah manfaat jambu biji:

  • Meningkatkan Imunitas.
    Jambu biji mengandung vitamin C 4 kali lebih banyak daripada jeruk. Vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga menjaga tubuh tetap sehat dan melindunginya dari patogen penyebab penyakit.

  • Meningkatkan Fungsi Hormon.
    Jambu biji mengandung zat tembaga yang membantu produksi dan penyerapan berbagai hormon. Kemampuannya ini turut meningkatkan fungsi sistem endokrin Anda, terutama fungsi kelenjar tiroid yang bertanggung jawab mengatur bagaimana tubuh memetabolisme makanan, mengelola energi, dan fungsi-fungsi lainnya.

  • Meminimalisir Risiko Kanker.
    Divonis dokter menderita kanker bagai disambar petir siang bolong. Cegahlah mimpi buruk itu dengan rutin mendapat asupan vitamin C dan antioksidan (misalnya likopin). Jambu biji limpah akan vitamin C dan antioksidan likopin yang sanggup melindungi sel-sel dari kerusakan dan kecenderungan bermutasi jadi sel kanker.

  • Baik bagi Pengidap Diabetes.
    Kaya akan serat dan rendah indeks glikemik, menjadikan jambu biji buah yang aman dikonsumsi pengidap diabetes maupun mereka yang hendak mencegah diabetes. Jika terkena diabetes, tubuh Anda berhenti memproduksi insulin yang seharusnya menyerap glukosa. Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan serta dapat membantu mengurangi dampak diabetes tersebut.

  • Punya Kemampuan Anti-Penuaan untuk Kulit.
    Jambu biji punya banyak vitamin C, vitamin A, serta antioksidan likopin dan karoten yang mampu mencegah terbentuknya kerutan dan garis-garis halus kulit. Efek penuaan memang pasti akan Anda alami, tapi makan jambu biji setiap hari setidaknya bisa memperlambat proses penuaan.

  • Membantu Mengatasi Sembelit.
    Manfaat jambu biji yang satu ini berkaitan dengan kandungan seratnya yang bisa membersihkan sumbatan di saluran pencernaan guna menyembuhkan susah buang air besar.

  • Mempertajam Penglihatan.
    Meski jambu biji tidak punya vitamin A sebanyak wortel, tapi buah ini tetap jadi sumber vitamin A yang baik. Vitamin A membantu memelihara kondisi mata dan meningkatkan ketajamannya.

  • Baik bagi Ibu Hamil.
    Jambu biji mengandung asam folat, yakni vitamin B-9, yang direkomendasikan bagi ibu hamil karena membantu perkembangan sistem saraf janin serta mencegah bayi lahir dengan cacat neurologis.

  • Membantu Anda Lebih Rileks.
    Jambu biji punya magnesium yang bisa bikin saraf dan otot lebih rileks. Di dunia yang penuh stres ini, tidak ada salahnya Anda rutin makan jambu biji agar stres berkurang dan tubuh lebih tenang dalam menjalani hari-hari yang berat.

Makan jambu biji paling baik dalam bentuk buahnya langsung, bukan olahan jadi jus yang ditambah pemanis atau dalam bentuk suplemen. Manfaat jambu biji bisa Anda dapatkan sepenuhnya dari jambu biji segar yang dipetik di pohon.



Next
This is the current newest page

Previous


Next Post »
Berlangganan :
Masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari langsung di pesan kotak masuk.
feedburner


Jangan lupa Jempolnya atau dishare ya.

Terima kasih, ditunggu kunjungan balik.
Rekomendasi Untuk Anda × +
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar